Apa itu Xenoestrogen dan Hormon

Ternyata hormon juga ada di lingkungan bebas!  Lho, bukankah hormon itu diproduksi di dalam tubuh? Nah, tulisan berikut ini akan mengupasnya.

Disamping hormon payudara yang diproduksi oleh tubuh kita, terdapat hormon lain yang masuk ke tubuh lewat lingkungan di sekitar kita serta menu makanan kita.   Terdapat dua hormon luar yang disebut Xenoestrogen dan ‘the second-hand’ hormone atau hormon tangan kedua. Berikut uraiannya.

Xenoestrogen
Kita hidup di dunia yang penuh dengan toxin, racun….
Xenoestrogen adalah racun pengacau hormon, sebuah struktur molekuler yang mirip dengan estrogen. Xenoestrogen dapat anda temukan di plastik, pembersih perabot rumah tangga, kipas mobil, dan pengering rambut – sebagai contohnya.

Xenoestrogen menipu tubuh anda sehingga berpikir bahwa mereka adalah hormon nyata dengan mengunci reseptor estrogen serta mengirim pesan pengacau ke sel.

Bagaimana xenoestrogen menghentikan pertumbuhan payudara? Berbeda dengan estrogen yang sehat dan baik yang mengisi reseptor, xenoestrogen mengambil tempatnya dan mengirim pesan beracun ke sel. Pesan acak dan kacau dapat memicu efek samping seperti PMS (Pre-menstruation syndrome), tidak stabilnya mood, dan bertambahnya berat badan, saat itu xenoestrogen mencegah estrogen nyata memacu pertumbuhan payudara.

Hormon ‘Tangan Kedua’
Jika anda makan daging maka inilah faktanya: anda telah mendapatkan hormon ‘tangan kedua’ dari makanan. Karena hewan yang kita makan ‘menjaring’ hormon dalam jumlah besar selama hidupnya. Sapi, kambing, ayam, juga babi diberi banyak estrogen dan testosteron untuk membuat mereka tumbuh lebih cepat dan lebih gemuk. Hormon-hormon tersebut akan masuk ke dalam tubuh saat anda mengkonsumsi daging, susu, dan telur.

Lama-kelamaan ekstra estrogen akan mempengaruhi pertumbuhan payudara serta mamicu efek PMS, selulit, dan sifat ‘moody’. Dan testosteron tidak hanya menahan pertumbuhan payudara, tetapi juga mengakibatkan tumbuhnya jerawat dan perasaan agresif.

Nah rekan, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan agar sistem tubuh kita berjalan semestinya. Dan….ingat! Xenoestrogen dan hormon ‘tangan kedua’ mesti anda jadikan daftar utama untuk anda hindari…

Comments are closed.
%d bloggers like this: